Selasa, 06 Oktober 2009

TUGAS DOSEN PENGAMPUH BAHASA INDONESIA
BAHASA INDONESIA DALAM KONSEP ILMIAH


NAMA : TEDY IRAWAN

KELAS : 3 KA 17

NPM : 111 07 666





Peranan bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah terutama pada kalangan akademik dalam hal pembuatan karya ilmiah mempunyai tujuan khusus dan tujuan umum yaitu sebagai berikut :

Tujuan Umum : Mahasiswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia.

1. Kesetiaan bahasa: mendorong mahasiswa memelihara bahasanasional dan apabila perlu mencegah adanya pengaruh asing.
2. Kebanggaan bahasa: mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsanya.
3. Kesadaran akan adanya norma bahasa: mendorong mahasiswanya menggunakan bahasanya sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Tujuan Khusus : Mahasiswa, calon sarjana, terampil menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, baik secara tertulis maupun secara lisan.
1. Tujuan jangka pendek
a. Mahasiswa mampu menyusun sebuah karya ilmiah sederhana alam bentuk dan isi yang baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b. Mahasiswa dapat membuat tugas-tugas (karangan ilmiah sederhana) dari dosen-dosen dengan menerapkan dasardasar yang diperoleh dari kuliah bahasa Indonesia.
2. Tujuan jangka panjang
a. Mahasiswa mampu menyusun skripsi sebagai syarat ujian sarjana.
b. Mahasiswa lebih terampil menyusun kertas kerja, laporan penelitian, surat, dan karya ilmiah lainnya setelah lulus.
Menurut hemat saya tujuan diatas haruslah selalu di jaga dalam dunia pendidikan Indonesia karena apa bila tak di jaga maka bahasa Indonesia akan ada kecenderungan di berbagai kalangan mengalami perkembangan yang cukup mengkhawatirkan, yang justru lebih menekankan kepada ekspresi diri, pragmatis, daripada mengikuti kaidah pemakaian bahasa yang baik dan benar dan bahkan mengabaikan aspek estetik serta ungkapan akal budi yang halus. Atau istilahnya adalah “bahasa gaul”.Apa bila kita gambarkan dalam flowchart maka konsep bahasa Indonesia dapat digambarkan sebagai berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar